Keberlanjutan menjadi semakin penting bagi semua jenis bisnis seiring dengan meningkatnya permasalahan lingkungan. Sebagian besar pelanggan lebih menyukai kenyamanan, ketersediaan, dan beragam pilihan yang dijanjikan belanja online. Dalam panduan belanja online berkelanjutan ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana situs web e-niaga menerapkan strategi ramah lingkungan.
Minat terhadap peluang eCommerce di kalangan pelanggan tetap sama selama bertahun-tahun, namun terdapat perubahan perilaku. Mereka mungkin mempertimbangkan produk dan harganya, namun nilai-nilai perusahaan juga menjadi faktor dalam keputusan mereka.
Banyak pelanggan saat ini tertarik pada keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nielsen, 73% konsumen menyatakan kesiapannya untuk mengubah perilaku belanja mereka jika hal tersebut berdampak positif terhadap lingkungan.
Manfaat Pasar Digital Berkelanjutan
1. Mempersiapkan Bisnis Anda untuk Masa Depan
Keberlanjutan juga menguntungkan merek Anda dengan mempersiapkannya untuk masa depan. Bahan bakar fosil jumlahnya terbatas, sehingga suatu saat dunia usaha harus beralih ke praktik berkelanjutan. Perubahan-perubahan ini sudah mulai berjalan ketika pemerintah di seluruh dunia mengumumkan undang-undang yang lebih ketat untuk mengekang praktik bisnis yang tidak berkelanjutan. Dalam panduan komprehensif belanja online berkelanjutan ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana situs web e-niaga menerapkan strategi ramah lingkungan.
2. Keunggulan Kompetitif
Dengan memasukkan keberlanjutan ke dalam inti strategi eCommerce Anda, bisnis Anda mendapatkan keunggulan unik. Dengan meningkatnya kesadaran konsumen seputar masalah lingkungan, penerapan praktik berkelanjutan memberikan peluang langka bagi merek Anda untuk menonjol di tengah pasar yang kompetitif.
Hal ini juga dapat membantu Anda menarik karyawan yang lebih baik karena sebagian besar calon pelanggan akan menerima gaji yang lebih rendah untuk bekerja di organisasi yang menganut keberlanjutan, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh IBM Institute for Business Value.
3. Penghematan Biaya untuk Belanja Online yang Berkelanjutan
Sebagai pengecer, penghematan biaya dapat dicapai dengan meminimalkan limbah kemasan dan mengoptimalkan rute pengiriman. Mengintegrasikan teknologi hemat energi semakin berkontribusi terhadap penurunan biaya operasional, sehingga meningkatkan profitabilitas melalui pengurangan pengeluaran utilitas.
Tips Membuat Bisnis eCommerce Anda Lebih Berkelanjutan
1. Merangkul Logistik dan Pengiriman Ramah Lingkungan
Bisnis Anda harus bermitra dengan layanan logistik yang menawarkan opsi pengiriman bebas karbon. Mereka dapat membantu mengurangi emisi karbon melalui berbagai proyek lingkungan. Juga berkolaborasi dengan perusahaan pelayaran dan operator besar yang dapat menawarkan faktur tanpa kertas dan alternatif ramah lingkungan lainnya. Menggunakan printer termal dapat membantu Anda menghemat tinta. Daripada menggunakan pengiriman ekspres, Anda bisa membuat klien Anda menerima opsi pengiriman yang lebih lambat dengan menawarkan insentif.
2. Pikirkan Kembali Kemasan Anda untuk Belanja Online yang Berkelanjutan
Bisnis Anda juga dapat beralih ke penggunaan bahan pengisi kemasan atau kertas gelembung yang biodegradable dan ramah lingkungan. Perhatikan juga ukuran dan berat bahan kemasan Anda. Karton yang sangat besar berarti Anda harus menggunakan lebih banyak bahan pengisi. Sebaliknya, bobot yang berlebihan akan memengaruhi biaya pengiriman dan jejak karbon Anda.
3. Sumber Produk Secara Berkelanjutan
Bisnis Anda harus menyediakan produk yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Ini termasuk tekstil organik dan produk yang terbuat dari limbah daur ulang. Rantai pasokan Anda harus menerapkan ketenagakerjaan yang adil dan pengadaan yang berkelanjutan. Berfokus pada penyediaan produk yang tahan lama, dapat diperbaiki, dan dapat didaur ulang serta menekankan umur panjang dan sirkularitas produk tersebut.
4. Edukasi Pelanggan Anda untuk Belanja Online yang Berkelanjutan
Anda tidak boleh meremehkan kemampuan bisnis Anda untuk mendorong perubahan dengan menyebarkan kesadaran. Komunikasikan dengan jelas upaya yang Anda lakukan untuk mendukung keberlanjutan melalui situs web dan platform media sosial Anda.
Keluarkan konten yang mengedukasi pelanggan Anda tentang topik terkait keberlanjutan produk Anda. Jelaskan bagaimana mereka dapat menggunakan dan membuangnya secara bertanggung jawab. Dorong mereka untuk membuat pilihan yang sadar lingkungan dengan menawarkan insentif.
5. Perbarui Kebijakan Pengembalian dan Keluhan Anda
Setiap pelanggan berhak mengembalikan barang yang telah dibeli. Namun, ada pelanggan yang menyalahgunakan hak ini sehingga menimbulkan biaya tambahan dan meningkatkan jejak karbon melalui emisi gas rumah kaca.
Pastikan Anda menyediakan produk yang tidak cacat dan memenuhi persyaratan pelanggan dengan pesanan Anda. Berikan deskripsi produk secara akurat lengkap dengan foto dan video untuk mengurangi kemungkinan ketidakpuasan. Anda dapat mengurangi jumlah pengembalian dengan menawarkan diskon kepada pelanggan pada pembelian berikutnya dan atau menurunkan harga barang yang tidak dapat dikembalikan.
6. Menawarkan Produk Organik untuk Belanja Online Berkelanjutan
Cara termudah untuk menjadi lebih berkelanjutan adalah dengan memperkaya penawaran Anda dengan produk ramah lingkungan. Teliti tren pasar saat ini, analisis produk terlaris di pasar yang tersedia, dan periksa produk pesaing Anda untuk mendapatkan inspirasi.
Anda dapat membuat pelanggan memilih produk organik dengan menawarkan insentif seperti kode diskon paket makanan mingguan jika Anda berkecimpung dalam industri makanan. Anda dapat memulai dengan beberapa produk dan meningkatkannya seiring Anda mendapatkan kelompok pelanggan baru.
Mengadopsi praktik berkelanjutan untuk bisnis eCommerce Anda bukan hanya soal etika. Ini juga merupakan strategi bisnis untuk menyelaraskan dengan perubahan permintaan pelanggan. Anda memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi demi masa depan yang lebih berkelanjutan sambil mempromosikan reputasi merek Anda dan membangun hubungan dengan pelanggan Anda.